Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Bidang study yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis

Bidang study yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis



Teknik Elektronika; ilmu computer: Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.

Psikologi: Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.

Ergonomi: Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.

Ilmu Bahasa: Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa,  apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’  (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.

Sosiologi: Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.

Antropologi: Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.

Desain grafis dan tipografi: Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia. Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.

Manfaat desain pemodelan grafis dalam berbagai bidang:
Di Bidang Pendidikan: Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

Di Bidang Hiburan: Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

Di Bidang Perancangan: Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

Di Bidang Budaya: Seperti yang kita tau bahwa desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.

Di Bidang Teknologi: Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.


VERSI INGGRIS 



Electronic Engineering; computer science: Science is to provide the technology framework for the design of human computer system. Because talking about computers, especially in terms of hardware can not be separated from the discussion of Electronics Engineering. Apart from the hardware, the software must also be understood with regard to the application system will be developed. Electronics engineering field are key areas in terms of designing a system in persons-computer interaction.

Psychology: Psychology and cognitive behavioral dikonsentransikan with understanding human behavior, perception, cognitive processes and expertise to control the motor, and propose a model of the process which can provide useful insights into the machine matching method for human users.
Experience psychology provide a formal evaluation techniques to measure the performance objective and the subjective opinion of human-computer systems.

Ergonomics: Ergonomics is concentrated more on the physical aspects of the matching engine to humans, and supported an anthropometric data that provide guidance in the design of the workplace and the environment, a computer keyboard, and monitor and physical aspects of the means of interface between humans and machines.

Linguistics: Human-Computer Communication by definition involves the use of various types of language, whether that language is a 'natural language', a single command barbasis language, menu-driven, form filling, or a graphic language. Linguistics is the study of the language and aspects as well as computing language and formal language theory override formality computer science, and is widely used in the formal specification of the dialogues of human-computer. Mathematical theory of communication, as well as Business (Shannon, 1948) and 'Last Man Business Principles' (Zipf, 1949), as well as a bridge between linguistics, computer science and electronics engineering.

Sociology: Sociology in this context is concentrated in the study of human-computer systems influence on the structure of the environment.

Anthropology: Anthropology (Human Sciences) concentrated with the study of human interaction - the computer. Where the interaction is influenced by existing technology (eg in the office), anthropology can provide valuable knowledge in such activities, team interaction with a computer system, as an example of design work teams, groups of writers, and others.

Graphic design and typography: Ability aesthetics of graphic design and typography is an important improvement to the design of human-computer system as the user interface to be more flexible and powerful. However, it can not be claimed to be a new media textual and graphic appearance underdog.
Clearly, no individual can be expected to have formal training in all these areas, although demand is high enough for a person with a multidisciplinary background, the combined capabilities of computer systems with multiple human science expertise. A more realistic alternative is to go to a thorough understanding of the level of awareness of the subject areas relevant, may be combined with special knowledge in one or more fields. The level of awareness of the essence of science is specifically for engineers and computer scientists, which basically is expected to design a user interface-system as part of the overall system design process.

Benefit design graphical modeling in various fields:
In Education: Computer Graphics on education is used to represent objects on real students, can be through the power point or software lainnya.Dengan use of object shape is expected to be evident in the students receive all the material that has been taught, not only in theory but has see form and this can be a depiction simulasinya.Bentuk field, space, graphics, drawing the human skeleton, the composition of the human body, and so on.

In The Entertainment: Not belies on today all entertainment events in television many uses graphs komputer.Mulai of cartoons, TV commercials and up despite new TV show in selipi by komputer.Grafik chart here in the form of computer animation effects that can make more movies interesting.

In The Design: In this field of computer graphics are used to create a variety of designs and models of the object to be dibuat.Misalnya used to design a building architecture, design and lainnya.Menggunakan vehicle graphic design software such as auto cad everything will take it easy and be more specific in design that will dibuat.Memperkecil tinggkat errors that will bring out the same model as the original.

In the Cultural Sector: As we know that the design of graphic modeling can be used in a variety of ways. For example, as in the case of culture. We can see in the graphic design field of culture. For example, such as rock carvings on the temples in Indonesia, batik design on the image. In stone carvings found dicandi usually the pictures on the lives of people in that age. It could also be reversed sculptured image (reliefs) tells the story of histories. Meanwhile, the Indonesian batik is an art in batik craft. The picture only in such a wide range. From pictures of animals and plants until now developed into the form of images, clouds, reliefs, and many other image again. So it can be concluded that the design of graphic modeling in the field of culture is useful as a depiction of historical and artistic value in the culture.

In Technology: Graphic design, like other disciplines, associated with technology at various levels. Technology affects how the design being produced and also influenced the development of the style, art and society as a whole, which in turn is reflected in the design. Technology also offers designers a wide range of media for their projects.

Source :
-       http://riskawuni.blogspot.com/2011/10/desain-dan-pemodelan-grafik.html 
-       http://yulizarnugraha.blogspot.com/2011/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html 
-       http://radityacracker.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html 
-       http://nurulayurahmawati.blogspot.com/2012/10/manfaat-desain-grafis.html 
-       http://zvpopo.blogspot.com/2011/11/manfaat-desain-pemodelan-grafik-untuk.html 
-       http://sayamanusia-kukubima.blogspot.com/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html

-       http://indrist.blogspot.com/2014/10/tugas-softskill-2-pengaruh-kebudayaan_2.html

0 komentar:

Posting Komentar