1.TEORI
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas
berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah
komputer peladendalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi
dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam
bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio
pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi
yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas
seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas
lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi
atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang
menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdatatertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari
dengan sumber terbuka (open source),
contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
Prinsip Umum Dari mesin pencari
Sistem kinerja mesin ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama
keterkaitannya dengan masalah arsitekrut dan mekanismenya.
Spider
Merupakan program yang men-download halaman-halaman yang mereka temukan,
mirip dengan browser. Perbedannya adalah bahwa browser menapilkan secara
langsung informasi yang ada (baik tekas, gambar, dll). Untuk kepentingan
manusia yang menggunakannya pada saat itu, sedangkan spider tidak melakukan
untuk menampilkan dalam bentuk yang terlihat seperti itu, karena kepentingannya
adalah untuk mesin, bukan untuk manusia, spider pun dijalankan oleh mesin
secara otomatis. Kepentingannya adalah untuk mengambil halaman-halaman yang
dikunjunginya untuk disimpan kedalam database yang dimiliki oleh search engine.
Crawler
Merupakan program yang dimiliki search engine untuk melacak dan menemukan
link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya. Tugasnya adalah untuk
menentukan spoder harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat
yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen
yang belum dikenal oleh search engine.
Indexer
Komponen ini melakukan aktifitas untuk menguraikan masing-masing halaman
dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers, struktur atau fitur dari
gaya penulisan, tag HTML khusus,
dll.
Database
Merupakan tempat standar untuk menyimpan data-data dari halaman yang telah
dikunjungi, di-download dan sudah dianalisis. kadang kala disebut juga dengan
index dari suatu search engine.
Result
Engine
Mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan peringkat dari hasil
pencarian pada search engine. Mesin ini menentukan halaman mana yang menemui
kriteria terbaik dari hasil pencarian berdasarkan permintaan penggunanya, dan
bagaimana bentuk penampulan yang akan ditampilkan.
Proses ini dilaksanakan berdasarkan algoritma perangkingan
yang dimiliki oleh search engine tersebut, mengikuti kaidah perangkingan
hakaman yang dipergunakan oleh mereka adalah hak mereka, para peneliti
mempelajari sifat-sifat yang mereka gunakan, terutama untuk meningkatkan
pencarian yang dihasilkan oleh serach engine tersebut.
Web Server
Merupakan komponen yang melayani permintaan dan memberikan respon balik
dari permintaan tersebut. Web Server ini biasanya menghasilkan informasi atau
dokumen dalam format HTML. Pada
halaman tersebut tersedia layanan untuk mengisikan kata kunci pencarian yang
diinginkan oleh usernya. Web Server ini juga bertanggung jawab dalam
menyampaikan hasil pencarian yang dikirimkan kepada komputer yang meminta
informasi.
Google
Google muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google
memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan
mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana
perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak
dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu
menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.
Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang
ada, namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google.
Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu
menerobos liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari
yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.
Yahoo
Yahoo raja directori di internet, di samping
para pengguna internet melihat
DMOZ serta LookSmart berusaha menurunkan nya dari posisi puncak tersebut.
Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah
memiliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan demikian, mendapatkan
sebuah daftar pada direktori Yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.
pada tahun 2001, mesin pencari Google berkembang besar. Keberhasilan ini didasarkan
pada bagian konsep dasar dari link popularity danPageRank. Setiap
halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang
diinginkan pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain. Rangking situs (The
PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut
merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan
bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman
situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google
sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.
2. KASUS
Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang
diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang
mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu
dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari
judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks
untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web, Mesin
pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala
yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang
seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin
terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya
dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari
indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya,
biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang
sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks.
Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian
baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan
mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam
beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan
lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir
100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian
lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin
ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman
mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan
mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil
"terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang
paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi.
Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan
internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung
pemasukan iklan dan
karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan
pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih .
Pentingnya mesin pencari optimasi
Salah satu alasan yang menyebabkan diperlukan mesin pencari optimasi adalah
karena ada banyak World Wide Web Wanderer yang
sudah ada, dan akan terus bertambah di setiap bulannya.
Sebagai Contoh, seseorang mempunyai World Wide Web Wanderer untuk
menjual produk pertanian maka di Indonesia akan ada puluhan atau ratusan
Website sejenis. Sementara itu, jika ingin melihat segmen dunia maka akan lebih
banyak lagi jumlahnya. Untuk itu, dengan menempatkan posisi di tingkat ada
dalam hasil pencarian maka akan membuat website pengguna tersebut ibarat toko
strategis yang terletak di tepi jalan besar. Dengan SEO yang bagus maka
kemungkinan website anda dikunjungi oleh orang lain akan lebih besar.
Dengan Kaidah SEO yang bagus, website menggunakan lebih jelas atau keluhan
sehingga akan lebih diperhatikan oleh mesin pencari. itulah inti dari SEO,
yaitu untuk membuat website anda diperhatikan oleh mesin pencari.
3.ANALISA
Manfaat
·
mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang
mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet
memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara
mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak
digunakan.
·
Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah
melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
·
Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari
tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil
pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh
posisi strategis dalam dunia internet.
·
Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan
melalui internet sudah
hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
·
Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang
baik dalam maupun luar negeri.
·
Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di
internet tinggi dalam hasil pencarian.
PANGSA PASAR
Bagian ini
membutuhkan pengembangandengan:
Informasi tentang mesin pencari nasional seperti StatCounter,Yandex, Naver dan pangsa pasar di negara bersangkutan.
|
Mesin pencari
|
Pangsa pasar Mei 2011
|
|||
82,80%
|
|
84,65%
|
|
|
6,42%
|
|
6,69%
|
|
|
4,89%
|
|
3,39%
|
|
|
3,91%
|
|
3,29%
|
|
|
1,7%
|
|
1,3%
|
|
|
0,52%
|
|
0,56%
|
|
|
0,3%
|
|
0,42%
|
|
4.REFERENSI
syafiudin101192.wordpress.com
0 komentar:
Posting Komentar